Design by: Sanroenzos Tampubolon

PANDUAN MENGISI KUESIONER PADA APLIKASI PMP

9 komentar
Hai, Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam semua rekan OPS dan pembaca sekalian.....

Admin Operator Balige kembali membagi info seputar aplikasi baru, yaitu aplikasi PMP besutan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi pasangan dari Aplikasi Dapodik 2016. 

Kami berharap bpk/ibu /sdra/i rekan operator sekolah telah menginstal aplikasi PMP pada komputer/laptop masing-masing supaya tutorial ini dapat kita lanjutkan pada bagian cara penggunaan aplikasi. Jika bpk/ibu /sdra/i rekan operator sekolah belum menginstalnya, silahkan di instal dulu. Anda boleh mengunduh installernya dan membaca cara instalasinya dari postingan kami sebelumnya: APLIKASI PMP VERSI 1.2 

Bagi yang sudah menginstalnya mari kita simak cara penggunaannya sebagai berikut ini:
Pertama login dulu ke aplikasi PMP menggunakan username dan pasword yang sama dengan akun dapodik 2016

Setelah anda mengisi usernam dan pasword, selanjutnya klik Masuk Aplikasi tunggu sebentar hingga aplikasi anda terbuka.

Tampilan diatas adalah tampilan awal ketika anda berhasil masuk ke aplikasi. Selanjutnya perhatikan Bar sebelah kiri di bawah Beranda ada tab Kuesioner yang wajib anda isi. Kuesioner ini terbagi menjadi 6 bagian yaitu: 
  • A. HASIL BELAJAR (114 pertanyaan) dengan rincian:
    A1 30 pertanyaan, A2 42 pertanyaan, A3 4 pertanyaan, A4 15 pertanyaan, A5 6 pertanyaan, A7 5 pertanyaan, A8 4 pertanyaan, A9 4 pertanyaan.
  • B. ISI PENDIDIKAN (124 pertanyaan) dengan rincian:
    B1 12 pertanyaan, B2 12 pertanyaan, B3 1 pertanyaan, B4 1 pertanyaan, B5 1 pertanyaan, B6 48 pertanyaan, B7 2 pertanyaan, B8 48 pertanyaan.
  • C. Proses Pembelajaran ( 94 pertanyaan) dengan rincian:
    C1 1 pertanyaan, C2 1 pertanyaan, C3 1 pertanyaan, C4 1 pertanyaan C5 4 pertanyaan, C6 9 pertanyaan, C7 9 pertanyaan, C8 1 pertanyaan, C9 7 pertanyaan, C10 1 pertanyaan, C11 24 pertanyaan, C12 25 pertanyaan, C13 1 pertanyaan, C14 1 pertanyaan, C15 1 pertanyaan, C16 1 pertanyaan, C17 1 pertanyaan, C18 1 pertanyaan, C19 1 pertanyaan.
  • D. PENILAIAN PEMBELAJARAN (20 pertanyaan) dengan rincian:
    D1 10 pertanyaan, D2 1 pertanyaan, D3 1 pertanyaan, D4 1 pertanyaan, D5 1 pertanyaan, D6 3 pertanyaan.
  • E. PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ( 11 pertanyaan) dengan rincian:
    E1 11 pertanyaan,
  • F. PENGELOLAAN PENDIDIKAN (156  pertanyaan) dengan rincian:
    F1 10 pertanyaan, F210 pertanyaan, F3 5 pertanyaan, F4 1 pertanyaan, F5 20 pertanyaan, F6 9 pertanyaan, F7 34 pertanyaan, F8 1 pertanyaan, F9 1 pertanyaan, F10 1 pertanyaan, F11 29 pertanyaan, F12 5 pertanyaan, F13 10 pertanyaan, F14 5 pertanyaan, F15 1 pertanyaan, F16 3 pertanyaan, F17 3 pertanyaan, F18 1 pertanyaan, F19 1pertanyaan.
Sehingga Total Pertanyan kuesioner yang anda isi sebanyak 508 Pertanyaan untuk Kuesioner Kepala Sekolah. Selain Kuesioner Kepala Sekolah anda juga akan mengisi Kuesioner masing-masing Guru dengan jumlah pertanyaan 496. Kuesioner siswa sebanyak 191 Pertanyaan. 
Dibawah tab Kuesioner diatas masih ada Tab Instrumen. Tab Instrumen ini merupakan isian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal setiap Kelas/ Rombel yang ada di sekolah anda.

Untuk meneyelesaikan isian kuesioner yang sangat banyak ini di harapkan kesungguhan anda sebagai operator sekolah. Untuk membantu anda dalam penggunaan aplikasi saya akan mencoba membantu anda dengan langkah-langkah penegerjaan dengan bantuan gambar sebagai berikut:

Setelah anda login ke aplikasi silahkan Klik Tab di bawah Kuesioner satu persatu dimulai dari bagian A perhatikan gambar berikut:
 Perhatikan pada gambar diatas. Tab A. Hasil Belajar (Kotak Merah), Klik pada tab tersebut maka di sebelah kanannya muncul Sub Tab A1, A2 sampai A9. A1 terdiri dari 30 Pertanyaan yang wajib di isi. Pada layar mungkin hanya tampil sebagian pertanyaan, silahkan isi jawaban dengan klik bulatan pada pilihan di sebelah kanan (perhatikan pada gambar) Klik tombol Pertanyaan Selanjutnya (tombol  berwarna biru dibawah pertanyaan) untuk menampilkan lebih banyak pertanyaaan. Setelah semua pertanyaan terjawab klik tombol Simpan Jawaban. 
Setelah semua pertanyaan pada Sub A1 terjawab, silahkan pindah ke Sub Tab A2 dan jawablah semua pertanyaan sampai tuntas. Lakukan hal yang sama sampai ke sub Tab A9.
Lakukan langkah yang sama seperti pada tab A diatas Sampai semua pertanyaan tuntas hingga Tab F.

Langkah diatas adalah langkah untuk mengisi kuesioner kepala sekolah. Untuk mengisi kuesioner Guru dan Kuesioner siswa anda harus menukar penggunanya terlebih dahulu. Untuk mengganti pengguna ikuti langkah berikut ini:

1. Klik manajemen pengguna
2. klik Salin PTK di sebelah kanan
3. Muncul notifikasi dan kemudian klik ya 
(lihat gbr berikut) klik pd gbr jika kurang jelas

setelah anda melakukan 4 langkah seperti gambar diatas maka PTK yang terdaftar di dapodik akan di salin ke aplikasi PMP. Klik tombol refres di bawah jika nama PTK tidak tampil. Berikut ini contoh PTK yang berhasil di salin: (klik pd gbr jika kurang jelas)

Setelah PTK berhasil di salin dari aplikasi Dapodik ke Aplikasi PMP maka langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah mengganti pengguna dengan klik tombol Tukar Pengguna perhatikan langkah langkahnya pada gambar berikut ini:(klik gbr jika kurang jelas)
Setelah anda melakukan 4 langkah di atas secara berurutan, maka aplikasi akan memuat ulang halaman dan perhatikan bahwa nama pengguna telah berubah menjadi nama guru yang baru anda pilih. Anda kembali mengisi kuesioner dengan pertanyaan yang hampir sama dengan kuesioner kepala sekolah diatas. Lakukan langkah ini hingga semua Guru (PTK) mengisi kuesioner dengan tuntas. 

Selain Guru/PTK anda juga wajib mengisi kuesioner Peserta didik. Untuk menyelesaikan Tugas ini Silahkan Klik Tombol Tukar Pengguna > Klik Tombol Kembali menjadi Operator Sekolah  di samping tomblol Tukar lihat gbr berikut
Setelah anda melakukan seperti gambar diatas, maka aplikasi akan memuat ulang kembali aplikasi dengan pengguna sebagai operator. Untuk menyalin data peserta didik Buka kembali Manajemen pengguna > klik salin peserta didik> Lanjut sama seperti menyalin PTK. Aplikasi akan menyalin Data Peserta didik dari aplikasi dapodik ke aplikasi PMP, namun data yang di salin adalah peserta didik yang telah memiliki nisn dan telah masuk ke rombel. Setelah salin data peserta didik sukses, silahkan lakukan lagi proses tukar pengguna. Pilih pengguna dari peserta didik.

Masing masing peserta didik akan mengisi kuesioner A, C dan F dengan Total pertanyaan 191. 

Selain Kuesioner Kepala Sekolah, PTK/Guru, dan Siswa Aplikasi juga Meminta Kuesioner Isian Komite Sekolah dan Pengawas Sekolah Namun data Komite sekolah dan Pengawas Sekolah belum Terdaftar di dapodik. Untuk itu anda di harapkan menambahkan secara manual Komite Sekolah dan Pengawas Sekolah sebagai pengguna baru. Pada Menu Manajemen Pengguna Kilk Tambah kemudian lengkapi data Komite sekolah dan Pengawas sekolah. perhatikan gbr berikut: (klik gbr jika kurang jelas)


Setelah Data Komite sekolah dan Data Pengawas Sekolah di tambahkan kedalam Aplikasi PMP Selanjutnya lakukan pengisian kuesioner Komite sekolah dan Kuesioner Pengawas sekolah. Khusus untuk Pengawas sekolah dan Komite sekolah, Silahkan Log out dulu dari aplikasi, kemudian login dengan username dan password yang anda buat ketika menambahkan ke aplikasi. Setelah berhasil login, isi kuesioner dengan cara yang sama seperti pengisian kuesioner PTK dan Siswa. 

Seyogianya Masing-masing stekholder yang berkepentingan untuk mengisi kuesioner pada aplikasi PMP ini dilakukan oleh masing-masing oknum secara langsung; Baik Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Pengawas Sekolah dan Komite Sekolah. Namun karena keterbatasan ..... maka untuk mengisi jawaban kedalam aplikasi ini di bebankan kepada operator sekolah. 

Bpk/Ibu/ sdra/i operator sekolah untuk mempermudah anda, ada baiknya isian kuesioner ini anda cetak dan anda bagikan kepada masing- masing oknum. Biarlah mereka mengisi kuesioner ini pada lembar kertas, dan anda tinggal mengentri jawaban mereka ke dalam aplikasi. Pertanyaan Kuesioner ini dapat di unduh (download) disini. silahkan cetak dan bagikan kepada yang berkepentingan.

Demikian Infonya semoga bermanfaat. Salam Satu Data

Related Posts

9 komentar

yuyunanaf mengatakan…
untuk pengawas sudah saya daftarkan dan sudah Log out dulu dari aplikasi, kemudian login dengan username dan password pengawas, tapi tetap tidak bisa..mohon solusinya
OPS BALIGE mengatakan…
Jika Username dan pasword pengawas dimasukkan dengan benar sesuai username dan pasword pada saat menambahkan ke aplikasi PMP, kami yakin bisa login. Saya sudah membuktikan dan login beberapa kali. Untuk itu pastikan username dan password nya sesuai. (Casesensitive)
Rinasza Rina mengatakan…
Terima kasih infonya
Unknown mengatakan…
mohon bantuanya ..untuk pasword dan user name komite pengawas sekolah itu emailnya dibuat operator atau email asli dari pengawas dan komite ..terimaksih
PI NETWORK INDONESIA mengatakan…
Thanks infonya pak, SALAM SATU DATA
Anonim mengatakan…
mohon bantuannya. sudah saya refresh berulang kali, bahkan keluar dan restart komputer namun tetap ada beberapa pertanyaan yang tidak muncul di aplikasi (seperti B3, B4, dll). Bagaimana solusinya? Terima kasih.
Unknown mengatakan…
MOHON PENCERAHAN NYA MASTER, PUNYA SAYA PENGISIAN KUESIONER UNTUK PESERTA DIDIK NYA KELEBIHAN 1. GIMANA CARA MENGHAPUS/MENGURANGI ENTRIAN TERSEBUT ??

SAYA PAKAI APLIKASI YANG 1.3, KENAPA UPLOAD NYA LAMA DAN GK TERKIRIM2 YA ??


MOHON BANTUANYA, THANKS.
OPS BALIGE mengatakan…
supaya lebih akurat gunakan username dari pengawas. Jika dari pengawas belum ada, operator juga boleh membuat sendiri username pengawas.
sdn 1 dasta mengatakan…
Mohon Bantuannya..? saya pake versi 1.4 n saya input data pengawas di manajemen pengguna setelah itu saya log out dan saya login pakai username n pasworrd pengawas tidak bisa..? mohon bantuan nya admin